Eliminate message “mySQL ended”

Ini merupakan sebuah masalah yang sering ditanyakan oleh pengguna baru slackware. Setiap komputer pertama kali dinyalakan selalu ada pesan ditampilkan “mysql ended”. Yang menyebabkan hal ini terjadi, karena service dari mysql dihidupkan (chmod +x rc.mysql) tapi mysql sendiri belum dikonfigurasi, sehingga menimbulkan pesan error dan mysql sendiri tidak berjalan.

Cara pertama untuk menghilangkan pesan kesalahan ini adalah dengan menon aktifkan service dari mysql. Tapi ini bukan sebuah solusi jika kita ingin menggunakannnya untuk belajar, misalnya. Solusi ini sangat tepat jika memang mysql tidak terlalu penting, maka lebih baik di non-aktifkan(Menghabiskan resource memori). Yang perlu diketahui tentang slackware, bahwa semua service yang akan dibaca ketika komputer dinyalakan terletak pada direktori /etc/rc.d (bagi pengguna windows XP untuk melihat service yang dijalankan ketika komputer dijalankan, cukup ketikan perintah msconfig di run command –> Masih pengguna windows nih, ketahuan deh ;-( –> damai-damai!!). Jadi perintahnya seperti berikut:

$ su
# cd /etc/rc.d/
# chmod +x rc.mysql –> mengaktivkan service mysql
# chmod -x rc.mysql –> menonaktivkan service mysql

Tanda kalau service ini aktiv bisa dilihat dengan menggunakan perintah ls atau juga ls -l. Jika warnya hijau dan ada tanda x berarti service telah aktiv.

Solusi yang kedua, jika kita sedang belajar mysql dan ingin mengaktivkannya setiap komputer dinyalakan, jalankan perintah-perintah berikut:

# cd /var/lib
# mysql_install_db
# chown -R root .
# chown -R mysql mysql /
# chgrp -R mysql .

Selamat mencoba dan betah pakai GNU/Linux Slackware

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: