Mount flashdisk di slackware

— darn-7 <darn-7 [at] telkom [dot] net> wrote:

> Kepada
> Bpk.Hari Sudibyo dan Bpk.Mandahadi
>
> Salam,
> Setelah saya mencoba Buka dan Slackware 10,saya
> jadi heran mengapa
> flashdisk saya tidak bisa dibuka padahal di
> knoppix,mandrake,suse bisa
> berjalan dengan baik bagaimana caranya flashdisk
> saya bisa digunakan di
> Slackware khususnya dan turunannya
>

Slackware memang sedikit berbeda dengan distro lainnya yang lebih user friendly. Distro Knoppix, Mandrake dan Suse memang sudah dapat mengenali perangkat keras dengan lebih baik dan memudahkan penggunannya.

Untuk dapat membaca dan menulis flashdisk di Slackware harus menggunakan perintah secara manual, yaitu dengan menggunakan perintah mount. Flashdisk di GNU/Linux dikenali dengan sda, untuk harddisk dengan hda.

Pertama buatkan sebuah direktori untuk mount point dari device usb:

# mkdir /mnt/usb

Kemudian jalankan perintah:

# mount /dev/sda1 /mnt/usb

atau jika flashdisk tidak bisa ditulisi, umount terlebih dahulu flashdisk dengan perintah

# umount /mnt/usb

kemudian jalankan perintah mount dengan ditambah opsi rw (read dan write)

# mount -o rw /dev/sda1 /mnt/usb

Untuk memastikan flashdisk sudah terbaca atau belum masuk kedirektori usb dan kemudian gunakan perintah ls untuk melihat isi dari flashdisk.

# cd /mnt/usb
# ls

bisa juga menggunakan perintah

# mount
# df

Catatan: Karena lubang atau port usb itu ada banyak maka ganti sda1 dengan yang lainnya jika belum bisa terbaca. Misal

# mount /dev/sda /mnt/usb
# mount /dev/sda2 /mnt/usb
# mount /dev/sda3 /mnt/usb

dan seterusnya, sesuai dengan jumlah port usb yang ada dikomputer.

Terima Kasih semoga dapat membantu…

10 Tanggapan to “Mount flashdisk di slackware”

  1. bos gimana klu kita mau mengkopi file ke flashdisk pada distro knoppix…
    mohon pencerahanya…
    thanks before..

  2. Mounting terlebih dahulu flasdisknya dengan opsi rw (read write)

    # mkdir /usb
    # mount -o rw /dev/sda1 /usb

    Untuk mengetahui letak usb (/dev/sda1) jalankan perintah

    # dmesg

    Kemudian lihat hasilnya (lihat secara teliti keluarannya) disitu kita bisa mengetahui bahwa flashdisk terpasang pada sda : sda1

    Initializing USB Mass Storage driver…
    usb.c: registered new driver usb-storage
    scsi1 : SCSI emulation for USB Mass Storage devices
    Vendor: T.sonic Model: 520 Rev:
    Type: Direct-Access ANSI SCSI revision: 02
    Attached scsi removable disk sda at scsi1, channel 0, id 0, lun 0
    SCSI device sda: 1015296 512-byte hdwr sectors (520 MB)
    sda: Write Protect is off
    sda: sda1
    WARNING: USB Mass Storage data integrity not assured
    USB Mass Storage device found at 2
    USB Mass Storage support registered.

    Untuk menyalin file gunakan perintah cp

    # cp [nama-file] /usb

  3. Mas kalo mau mount flash disk secara otomatis gimana yah, padahal aku sudah coba memasukkan kedalam fstab dan setting secara otomatis, lalu aku boting kok ngak kedeteksi secara otomatis juga, pahal kan sudah ada di fstabnya. gimana yah. Minta bantuannya.

  4. Untuk mount flashdisk secara otomatis belum pernah aku coba, jadi belum tahu. Tapi sepertinya sih ada aplikasi yang digunakan supaya Linux bisa mount secara otomatis… tapi namanya lupa… maklum jarang utak-atik lagi, lagi banyak tugas… sorry ya…

  5. Yang masih jadi masalah buat saya gimana cara ngopi file ke flashdisk tanpa perlu sudo ato ligon sbg root. Salam kenal, saya ngelink kesini yah. 😀

    Edit file /etc/fstab … dan beri hak akses untuk user biasa

  6. thx a lot boz,, gw jd bisa buka flashdisk….:p

    sekalian gw mu nanya cara konfigurasi webserver di slackware pake CMS nya wordpress gmna???

    wah panjang penjelasannya, lagian aku blm konsen tuk nulis. Maaf ya

  7. install dulu apache na ..

    bisa di cek dgn perintah whereis apache , atau whereis apache2

    disitu ntar kliatan semua letak2 file apache . dan jangan lupa baca manualnya dg man apache

    CMIIW

  8. btw ini penulis buku slackware 10.1 itu ya ??

    thx bgt , gara2 buku itu hardisk ku jadi bad sector … n aq berdarah-darah tergigit pinguin sampe skrg gak sembuh2..

    thx a lot ..

    gud lak to u

  9. thaaankkkkkk mas, mbak, om… akhirnya bisa juga mounting…

  10. makasih infonya mas, fd saya sekarang sudah bisa mounting 🙂
    eh mau tanya kalo mount partisi harddisk gimana mas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: