Berinternet secara bijaksana…

Tulisan ini merupakan lanjutan dari bebas corrupt dengan wget, dan merupakan tambahan yang semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Wget yang merupakan aplikasi yang sudah dikenal sanggup melakukan perbaikan terhadap file yang gagal ditengah jalan. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk mendownload, seperti prozilla, FDM (Free Download Manager), GetRight(shareware), IDM (Internet Download Manager – shareware) tidak bisa melakukan hal ini.

Selain digunakan untuk mendownload file besar, wget juga dapat digunakan untuk mendownload situs. Aplikasi yang biasanya dipakai untuk download situs adalah httrack yang gratis. Untuk dapat menggunakan wget sebagai alat download situs tambahkan saja opsi -r yang artinya rekursif. Dengan menggunakan wget yang gratis ini, kita dapat membaca website secara offline dan lebih menghemat waktu (Apalagi kalau koneksi internetnya lambat, otomatis waktu loading akan lebih lama jika online).

Wget sangat cocok digunakan untuk mendownload situs-situs yang banyak menyediakan tutorial (pelajaran-pelajaran). Sebagai contohnya saja, bila anda maniak windows silakan download situs http://www.wintipz.com. Situs ini menyediakan banyak sekali tips dan trik yang sangat bermanfaat. Cara yang digunakan untuk download situs dengan wget:

wget -bc -r http://www.wintipz.com

Perlu diingat perintah ini dijalankan di dalam command prompt atau DOS. Supaya wget dapat tetap berjalan meskipun DOS ditutup maka digunakan opsi -b dan -c adalah untuk melanjutkan download yang terhenti. Untuk pengguna GNU/linux tidak perlu menggunakan opsi -b, karena GNU/Linux mempunyai cara tersendiri dan unik. Dengan menggunakan tanda & dibelakang perintah yang dijalankan maka secara otomatis aplikasi berjalan secara background.

wget -c -r http://www.wintipz.com &

NOTE : Bagi pengguna windows untuk menghentikan proses wget tekan ctrl+alt+del secara bersamaan untuk mengeluarkan task manager, kemudian pilih tab Processes dan cari proses wget.exe. Klik kanan dan pilih end task untuk menghentikannya. Untuk pengguna GNU/Linux gunakan perintah killall wget

WARNING : Jangan salah gunakan cara ini di tempat-tempat umum (perpus, warnet).

4 Tanggapan to “Berinternet secara bijaksana…”

  1. iya nih… gw butuh les kepribadian dalam hal berinternet

    padahal pagi hari udah pengen ngerjain kerjaan kantor
    eh nyampe online, baca imel, langsung mulai mengganas buka2 smua hal yang ada di sana

    tau-tau udah jam 8 malem
    weekksss…. kalo gini caranya kapan beres kerjaan??

  2. Numpang nimbrung nih Mas…

    WARNING : Jangan salah gunakan cara ini di tempat-tempat umum (perpus, warnet).

    .
    Wah, terus saya mau realisasi di mana Mas? :-p
    .
    Saya juga sedih Mas. Kalo di wifi area, kita mau lihat situs lokal (misal ugm, kan harusnya cepet tuh), jadi lemot gara-gara sebelah kita make DAP dan sebangsanya. Atau cuma buka situs esek-esek atau mrenster tanpa kelihatan produktif. Mau dibunuh ntar saya masuk penjara, kalo didiemin, kita yang dongkol… Serba serbi salahnya kan?
    .
    Sebisa mungkin saya ga pake DAP, dan tidak donlod hal-hal yang sifatnya optional banget semacma wallpaper atau file video dari youtube. Benar-benar kasihan orang-orang sebelah saya..

  3. Artikel nya bagus, tentang kebijaksaaan kita dalam menggunakan internet. tapi terkadang masih aja ada yang bandel :)) !!

  4. Mas, mo nanya nih?? Koq wget sy nggak jlan secara otomatis?? Pdhal udah pake option -b -c,, plizz tolong dijawab,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: