Browser manakah yang terbaik… !

Memilih browser memang agak sulit, mana yang lebih baik atau mana yang lebih menjanjikan keamanan dan kemudahan dalam penggunaan. Tetapi pemilhan browser lebih tergantung dari selera penggunannya, karena selera manusia itu berbeda. Setiap browser pasti menawarkan kelebihan masing-masing yang dimilikinya. Setiap browser pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Jadi fanatik terhadap penggunaan sebuah browser merupakan kekeliruan atau memang tidak mengerti browser.

IE
atau Internet Explorer(sering disebut dengan blue)  merupakan browser yang nyaman digunakan untuk membaca sebuah situs, tapi tidak nyaman bila digunakan untuk mendownload. Minimnya fasilitas (plugin) yang disediakan menjadikan kurang nyaman untuk pemakaian. IE 7 yang merupakan browser terbaru, sekarang lebih baik dari pendahulunya dengan berbagai penambahan. Situs yang ditampilkan menggunakan browser IE 7 akan tampak lebih nyaman dimata dan kelihatan lebih baik dibandingkan Opera dan Firefox. Sayangnya IE 7 pasti crash(mati) jika digunakan untuk posting dengan wordpress. IE 7 kelihatannya tidak serasi dengan ajax ?

Firefox, browser yang saat ini kelihatannya banyak sekali penggemarnya dan salah satunya saya. Browser ini banyak sekali kelebihannya karena sifatnya yang free dan open source. Banyaknya plugin dan skins untuk mengganti tampilan firefox merupakan kelebihan tersendiri dibandingkan IE dan Opera. Dan yang lebih baiknya, browser ini sangat cocok bagi penggemar google.

Opera, browser merupakan browser yang saat ini saya anggap paling baik diantara browser IE dan Firefox. Kenapa ? Karena browser ini mampu meload atau menampilkan situs walaupun koneksi lambat. Sedangkan firefox dan IE banyak gagalnya ketika digunakan untuk membuka situs dengan koneksi lambat. Browser opera lebih ringgan dan jarang sekali crash bila digunakan untuk membuka banyak tab baru. Kemampuannya dalam mendownload file lebih baik daripada yang lainnya. Sayangnya browser ini kurang support terhadap ajax. Fasilitas-fasilitas di google seperti google calendar, google page, google spreadsheet tidak dapat dijalankan dengan opera.

NB: Ini hanya sebuah pengalaman …

5 Tanggapan to “Browser manakah yang terbaik… !”

  1. kalo pengalaman saya sih, masing2 browser punya kelebihan sendiri2…
    maxthon –> buat ngerjain tugas typeinternational, simple dan full support ke roboform
    firefox –> untuk akses website yang butuh security yang baik, seperti akses e-gold.com
    opera –> untuk buka banyak web.. jarang crash/hang dan juga bandel/gak gampang nyerah untuk buka web…

  2. coba firefox secepat opera..security dah ok, memori bs diaturlah (tp buat newbie spt saya..hrs utak-atik config??)
    opera lbh lengkap fresh install..tp kok lbh ringan..tp sayang tampilan opera pd bbrp web emang blm disupport baik..blm standar? upgrade? lam kenal.. 😀
    firefox 2.0 vs opera 9.0 gemana yaa…

  3. 1 lagi. Flock!

  4. satu lagi. flock!

  5. Oya maksudnya browser flock ya…
    http://www.flock.com
    Terima kasih … Bisa coba nih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: