Blog itu hanyalah sebuah komunitas aktiv

Blog merupakan sebuah tempat atau juga merupakan ajang diskusi yang paling aktiv dan efektif, selain digunakan untuk menulis kegiatan-kegiatan pribadi. Tempat saling bertukar pikiran dan mengungkapkan perasaan yang ada dalam benak masing-masing penulis, yang kemudian dibaca dan dikomentari. Sedangkan blog yang paling banyak dikunjungi adalah blog yang didalamnya memang sudah terbentuk dari sebuah komunitas. Kemudian anggota dari komunitas ini membuat blog sendiri-sendiri dan mereka saling taut bertautan satu sama lain (blogroll). Bisa dilihat secara acak dan ditelusuri, blog yang memiliki hit tinggi perharinya adalah blog yang sudah mempunyai komunitas.

Komunitas ini bermacam-macam, ada yang merupakan komunitas dari sebuah kampus (dosen-mahasiswa, mahasiswa-mahasiswa, atau alumni), komunitas orang-orang yang masih satu profesi di bidangnya (geologi, IT, Fotografer, Designer, Programer). Blog yang terbentuk dari sebuah komunitas, memungkinkan untuk saling belajar dan bertukar informasi tentang apa yang dia dapatkan dari pebloger lainnya.

Terlepas dari sebuah komunitas, blog yang akan sering dikunjungi adalah sebuah blog yang didalamnya banyak berisikan ilmu pengetahuan, sebuah ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Memang tidak banyak pebloger yang bisa membuat bloger serius seperti ini. Bila dicari secara random, sangat jarang sekali ditemukan. Karena memang tujuan bloger yang biasa saya dengar adalah sebuah media atau jurnal harian seseorang (Catatan sebuah event yang menarik atau sebuah kesedihan – curhat gratis).

Bagaimana dengan blog yang memang tidak mempunyai komunitas dan isinya …maaf kurang bermanfaat bagi orang lain. Blog semacam ini biasanya bila tujuannya sebagai catatan pribadi dan sebagai tempat untuk belajar (belajar menulis, mengungkapkan perasan) maka dia akan tetap exist walaupun tanpa pengunjung. Tapi bagi pebloger yang tujuannya agar ia dikunjungi dan diberi komentar oleh orang lain (cari perhatian), maka blog ini akan timbul tenggelam bahkan akan tenggelam selamanya bila ternyata tidak ada seoranpun yang mengunjunginya.

Sedangkan blog yang terbentuk dari komunitas akan bertahan lama. Bisa dilihat dari sebuah blog yang isinya ..maaf kurang bermutu saja akan diberi komentar dan banyak pengunjung. Itulah blog yang terbentuk dari komunitas. Pikirkanlah bagi anda yang ingin membuat sebuah blog, untuk apa sebenarnya anda membuat blog ..tentukan tujuan sebelum melangkah. Blog bukan hanya sekedar ajang trend ikut-ikutan semata …trend sesaat. Bila perlu jadikan blog sebagai tempat lain untuk belajar tanpa guru.

Satu Tanggapan to “Blog itu hanyalah sebuah komunitas aktiv”

  1. blog is not a thing… it’s the way of life!
    hehehehe…

    cheers!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: