Archive for the Linux Category

Mempercantik Tampilan Font

Posted in Linux, Tutorial on 5 Maret 2007 by Hari Sudibyo

Ini merupakan tulisan lanjutan dari Ngetik bahasa arab di Linux dan membahas cara instalasi font. Font yang ada di Windows memang bagus untuk digunakan bila anda sering membuka dokumen yang di ketik menggunakan Microsoft Office. Font Windows bisa diambil dari Windows yang sudah terinstall, bisa juga download fontnya yang lebih lengkap di

  1. Opalcat
  2. Cegetel
  3. USC

Sedangkan font arab yang digunakan untuk mengetik bahasa arab yang ada di bahasan sebelumnya adalah

Baca lebih lanjut

Ngetik bahasa arab di Linux

Posted in Linux, Tutorial on 27 Februari 2007 by Hari Sudibyo

office-ara.jpg

Baca lebih lanjut

Mengaktivkan VGA di GNU/linux (Install & Configuration)

Posted in Linux, Tutorial on 29 Desember 2006 by Hari Sudibyo

Kesal atau jengkel bahasanya bagi orang yang punya VGA bagus tapi tidak terbaca oleh sistem. Sudah tanya sana-sini tapi tidak ada yang menjawab, buka forum (exclude linuxquestions) juga tidak menemukan solusi – bahasa inggris meneh – ga dong mas –, tanya di milis tapi di cuekin (tapi tidak untuk milis jogjalinux :-P) kesal kan jadinya, beli buku yang membahas GNU/Linux isinya basic melulu – translate dari how to lagi – yang expert, adanya bahasa inggris semua – ga dong. Baca lebih lanjut

Masalah itu ternyata ada pada asm-i386

Posted in Linux, Tutorial on 13 Desember 2006 by Hari Sudibyo

Ada beberapa masalah ketika melakukan instalasi aplikasi di linux slackware 11. Setiap kali menjalankan perintah ‘make’ pasti terdapat error. Aplikasi-aplikasi yang error ini adalah kchmviewer (viewer chm), ndiswrapper(modul WiFi) dan fuse (module ntfs) dan tentunya bukan yang hanya disebutkan disini saja. Pantas saja bila ada yang mengatakan “Slackware not for everyone”, Slackware bukan untuk semua orang. Bagaimana tidak, bila seseorang ingin menambahkan aplikasi mereka harus menginstallnya dari source code, tidak seperti distro lainnya yang tinggal menjalankan apt-get, yum upgrade, yast atau tinggal menjalankan rpm -i. Baca lebih lanjut

Membaca dan Menulis di File System NTFS

Posted in Linux, Tutorial on 13 Oktober 2006 by Hari Sudibyo

Masih pake windows, terus filesystemnya pake NTFS biar lebih aman dari segala bahaya dan serangan alien, tapi ga bisa ditulsi lewat GNU/Linux. Ouch, kasian deh… tapi jangan khawatir dech, semoga tulisan ini dapat membantu… tapi kalau belum puas, maaf aja yach.. blog ini bukan alat pemuas..
Baca lebih lanjut

Mount flashdisk di slackware

Posted in Linux, Tutorial on 2 Oktober 2006 by Hari Sudibyo

— darn-7 <darn-7 [at] telkom [dot] net> wrote:

> Kepada
> Bpk.Hari Sudibyo dan Bpk.Mandahadi
>
> Salam,
> Setelah saya mencoba Buka dan Slackware 10,saya
> jadi heran mengapa
> flashdisk saya tidak bisa dibuka padahal di
> knoppix,mandrake,suse bisa
> berjalan dengan baik bagaimana caranya flashdisk
> saya bisa digunakan di
> Slackware khususnya dan turunannya
>
Baca lebih lanjut

Eliminate message “mySQL ended”

Posted in Linux, Tutorial on 6 September 2006 by Hari Sudibyo

Ini merupakan sebuah masalah yang sering ditanyakan oleh pengguna baru slackware. Setiap komputer pertama kali dinyalakan selalu ada pesan ditampilkan “mysql ended”. Yang menyebabkan hal ini terjadi, karena service dari mysql dihidupkan (chmod +x rc.mysql) tapi mysql sendiri belum dikonfigurasi, sehingga menimbulkan pesan error dan mysql sendiri tidak berjalan.

Cara pertama untuk menghilangkan pesan kesalahan ini adalah dengan menon aktifkan service dari mysql. Tapi ini bukan sebuah solusi jika kita ingin menggunakannnya untuk belajar, misalnya. Solusi ini sangat tepat jika memang mysql tidak terlalu penting, maka lebih baik di non-aktifkan(Menghabiskan resource memori). Yang perlu diketahui tentang slackware, bahwa semua service yang akan dibaca ketika komputer dinyalakan terletak pada direktori /etc/rc.d (bagi pengguna windows XP untuk melihat service yang dijalankan ketika komputer dijalankan, cukup ketikan perintah msconfig di run command –> Masih pengguna windows nih, ketahuan deh ;-( –> damai-damai!!). Jadi perintahnya seperti berikut:

$ su
# cd /etc/rc.d/
# chmod +x rc.mysql –> mengaktivkan service mysql
# chmod -x rc.mysql –> menonaktivkan service mysql

Tanda kalau service ini aktiv bisa dilihat dengan menggunakan perintah ls atau juga ls -l. Jika warnya hijau dan ada tanda x berarti service telah aktiv.

Solusi yang kedua, jika kita sedang belajar mysql dan ingin mengaktivkannya setiap komputer dinyalakan, jalankan perintah-perintah berikut:

# cd /var/lib
# mysql_install_db
# chown -R root .
# chown -R mysql mysql /
# chgrp -R mysql .

Selamat mencoba dan betah pakai GNU/Linux Slackware